Alternatif IVF: Zygote Intrafallopian Transfer (ZIFT) ~ Bayi Tabung / in vitro fertilization

Jumat, 07 September 2007

Alternatif IVF: Zygote Intrafallopian Transfer (ZIFT)


Bila anda memiliki kesulitan untuk mendapatkan kehamilan, maka anda mungkin sudah mencoba beberapa pengobatan alternatif. Namun jika anda masih tetap gagal dalam mencoba beberapa siklus pengobatan, tehnik pemindahan zigot intra fallopi atau zygote intrafallopian transfer (ZIFT) akan berhasil baik untuk anda. Prosedur ZIFT ini memiliki beberapa kelebihan dalam penanganan pengobatan masalah kesuburan dan banyaknya bukti keberhasilan yang ada.

Zygote Intrafallopian Transfer adalah sebuah tehnik ART (assisted reproductive technology) yang menggabungkan antara tehnik in vitro fertilization (IVF) dengan gamete intrafallopian transfer (GIFT) guna menghasilkan kehamilan. Selama proses ZIFT, sel telur anda akan dibuahi oleh sel sperma pasangan anda dalam sebuah laboratorium. Setelah sel telur ini dibuahi, lalu akan dipindahkan kedalam tuba fallopi melalui operasi bedah laparoskopik.

Keberhasilan
Tingkat keberhasilan tehnik ZIFT ini cukup meyakinkan walaupun dari 100% tehnik bayi tabung yang ada hanya 1% yang menggunakan tehnik ZIFT ini. Pada tahun 2006 di Amerika Serikat telah lahir lebih dari 280 bayi melalui tehnik ZIFT. Tingkat keberhasilan ZIFT akan bergandung pada umur anda. wanita yang lebih muda akan dapat memiliki tingkat keberhasilan yang lebih daripada wanita yang sudah berumur. Rata-rata 36% pasien ZIFT akan mendapatkan kehamilan selama siklus.


Persyaratan untuk pasien pengguna ZIFT

1. Memiliki masalah ovulasi
2. Pasangan anda memiliki jumlah sel sperma yang sedikit
3. Anda tetap tidak bisa hamil setelah 1 tahun mencoba
4. Anda memiliki 5 atau lebih siklus intrauterine insemination yang gagal
5. Tuba fallopi anda tidak terhalang, tidak terluka

Prosedur Zygote Intrafallopian Transfer (ZIFT)
Prosedur ZIFT secara keseluruhan akan memakan waktu selama 4-6 minggu. Kadang-kadang diperlukan lebih dari satu kali siklus untuk memperoleh kehamilan.
Langkah-langkah ZIFT adalah sebagai berikut:
1. Pemberian hormon untuk menstimulasi sel telur
2. Setelah sel telur dewasa, akan dipindahkan
3. Pembuahan sel telur oleh sel sperma
4. Setelah sartu hari, sel telur yag sudah dibuahi akan sipa untuk melakukan proses pemisahan diri, dalam tahap ini embrio akan berubah menjadi zigot
5. 1 - 4 zigot akan diletakkan dalam tuba fallopi anda
6. Anda akan dites untuk impalntasi dan kehamilan dalam beberapa hari kedepan

Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan ZIFT adalah dapat memastikan langsung apakah proses bayi tabung yang akan dilakukan berapa persen tingkat keberhasilannya. Ini karena selama proses ZIFT, sel telur anda akan dilihat berhasil atau tidaknya pembuahan yang dilakukan oleh si sel sperma dalam laboratorium. Lain lagi dengan tehnik Gamete Intrafallopian Transfer (GIFT) yang hanya meleburkan sel sperma dan sel telur lalu diletakkan langsung dalam tuba fallopi sebelum sel telur dan sperma tersebut menjadi sebuah zigot. Tehnik ZIFT juga akan menempatkan zigot yang aktif langsung didalam tuba fallopi. Beberapa pasangan merasakan bahwa cara ini lebih alamiah dalam mendapatkan kehamilan.

Kelemahan ZIFT adalah perlunya dilakukan dua kali operasi bedah secara terpisah: satu untuk memindahkan sel telur dan satu lagi memasukkan zigot kedalam tuba fallopi. tehnik bayi tabung secara ZIFT ini juga memerlukan biaya yang besar, sekitar 13,000 US$/siklus. Sebagai tambahan, ZIFT dapat meningkatkan peluang kehamilan ganda. Sekitar 35%nya secara fakta melahirkan secara ganda.

Jadi GIFT atau ZIFT?
Dianjurkan untuk memilih GIFT terlebih dahulu karena metode GIFT lebih murah dan menurunkan resiko kehamilan ganda. Jika GIFT gagal, maka anda pasti akan memilih ZIFT. Diskusikan secara matang dan terarah dengan dokter kandungan anda dalam metode yang terakhir ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

masih aktif ga ya....
adik saya 40 th sudah menjalani ivf di UK (kebetulan bersuami wn UK)dan gagal untuk mengulang demi kesehata (mungkin pakai penyubur) mesti tunggu 1/2 th
sebab kegagalan katanya telur tidak bisa dibuahi tidak mau nutup karena kemasukan 2 seperma (istilahnya saya ga tau)
saya hanya kasihan dengan adik saya, kenapa pembuahan bisa gagal?